Beberapa Cara Jika Komputer Hang Karena Koneksi Lan

Komputer hang karena koneksi lan pasti sering terjadi pada anda bukan? Untuk komputer yang terhubung ke jaringan Trello, terkadang atau kadang kala sangat terasa berat ketika anda mengakses data dari komputer lain, program akan berjalan dengan sangat lambat dan pada akhirnya komputer akan menjadi hang atau biasa disebut komputer lag. Untuk dapat memastikan komputer yang hang atau komputer lag yang dikarenakan koneksi jaringan atau lan, sebaiknya anda harus melepaskan terlebih dahulu kabel jaringan yang terdapat pada komputer anda dan kemudian jalankan komputer seperti biasanya. Apabila semuanya bisa berjalan dengan baik dan normal maka dapat dipastikan komputer bisa hang atau lag karena koneksi jaringan lan.

Beberapa cara cepat mengatasi komputer hang yang dapat anda lakukan jika komputer hang karena koneksi lan yaitu:

Anda terlebih dahulu harus memastikan konektor RJ45 sudah terpasang dengan benar, bila perlu anda dapat melakukan crimping ulang.

Anda harus mneggunakan perintah ping untuk dapat memeriksa koneksi jaringan. Contoh perintahnya yaitu: ping –l 200 192.168.0.1

Kemudian anda lakukan reset pada hub atau switch LAN, caranya dapat dengan mencabut kabel power hub atau switch tersebut. Dan tunggu selama beberapa saat kemudian masukkan kembali.

Terdapat pula cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan cara memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lainnya atau biasanya ada beebrapa port dalam hub yang menjadi rusak karena masalah masalah tertentu.

Troubleshooting yang juga dapat anda melakukan adalah dengan menggantikan kartu jaringan atau LAN card dengan kartu yang baru.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa anda lakukan jika menemui komputer yang hang dikarenakan koneksi lan. Setelah anda mengetahui beberapa cara yang dapat anda lakukan jika komputer hang karena koneksi lan, maka saat ini anda tidak perlu merasa khawatir lagi jika manghadapi komputer yang hang atau lag. Semoga informasi yang diberikan tadi di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih telah membaca informasi yang dibahas disini.

Komentar